DBAsia News

Manchester City dalam Perjalanan Meraih Quadruple

DBasia.news – Bagi Pep Guardiola setiap trofi sama pentingnya meski itu di ajang Piala Liga. Ketegasannya dalam mengatakan hal tersebut bisa dilihat musim ini dengan pengejaran quadruple Manchester City.

The Citizens masih bertarung merebutkan empat titel di ajang Piala Liga, Piala FA, Liga Champions, dan Premier League. Capaian terdekat Man City adalah memenangi quadruple atau empat titel, tapi seluruhnya titel domestik pada 2018-2019: Piala FA, Piala Liga, Premier League, dan Community Shield.

“Kami mengatakan yang sama di bulan Agustus, hanya trofi yang jadi ukuran kami, klub besar selalu seperti itu. Selama delapan bulan kami selalu bersama-sama dan kami harus menjalani apa yang ada – ini semua milik kami,” ucap Guardiola beberapa waktu lalu.

“Tentunya trofi adalah ukurang sukes kami, klub ini harus berkembang setiap tahunnya dan memenangi titel demi titel. Kini kami punya kesempatan pertama memenanginya.”

Musim ini jadi percobaan keempat Man City untuk menyapu bersih empat titel di kancah domestik dan Eropa dalam tujuh tahun terakhir. Pengalaman besar City dalam melakukannya bisa membantu mereka, tapi dari pengalaman itu juga City terpeleset oleh ‘kulit pisang’.

Kulit Pisang

City punya peluang memenangi quadruple pada musim 2017-2018, 2013-2014, dan 2018-2019. Akan tapi ‘kulit pisang’ membuat mereka terpeleset di tengah misi untuk mewujudkannya.

Pada musim 2013-2014 City gagal di Piala FA dan Liga Champions, berlanjut pada 2017-2018 perjalanan mereka kandas Piala FA dan Liga Champions, lalu pada musim 2018-2019 tersingkir di perempat final Liga Champions.

Liga Champions masih jadi ambisi besar yang ingin dimenangi oleh Manchester Biru di bawah kepemilikan Sheikh Mansour. Musim ini Man City akan kembali mencoba melawan ‘sejarah’ untuk jadi tim pertama yang memecahkan rekor.

Pertama, Man City akan menghadapi Borussia Dortmund di perempat final Liga Champions pada leg pertama (07/04) dini hari WIB. Lalu di Piala FA mereka sudah dinanti Chelsea di semifinal (17/04) dan kemudian City punya peluang memenangi titel pertama mereka musim ini di final Piala Liga.

Kevin De Bruyne dkk akan menghadapi Tottenham Hotspur arahan Jose Mourinho di final Piala Liga yang dihelat di Wembley pada 25 April 2021.

Dalam sejarah klub-klub Inggris tiga tim terdekat yang memenangi quadruple bersejarah selain City, adalah Burnley, Manchester United, dan Chelsea.

Burnley kandas di empat kompetisi yang mereka ikuti pada musim 1960-1961, lalu Man United gagal di Piala FA dan Liga Champions pada musim 2008-2009, serta Chelsea yang gagal memenangi Premier league dan Liga Champions pada musim 2006-2007.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?