DBAsia News

Manajer Leeds United Pelajari Dokumen Incaran Pemain di Kafe Kopi

DBasia.news – Marcelo Bielsa berhasil membawa Leeds United bermain di Premier League dan mengakhiri penantian selama 16 tahun promosi. Leeds United menjuarai Championship dan saat ini fokus memperkuat tim dengan mendatangkan sejumlah pemain di bursa transfer musim panas.

Selayaknya metode Marcelo Bielsa dalam mengamati suatu hal dengan data-data dan dokumen, mencari pemain-pemain anyar pun demikian. Kertas berisi data dan informasi pemain sudah menjadi ‘makanan’ sehari-hari manajer asal Argentina itu.

Bielsa telah melakukan hal tersebut dalam karier kepelatihannya. Itu bisa dilihat musim lalu kala video viral Bielsa memberi penjelasan kepada skuatnya dengan menggunakan PowerPoint. Data-data dan informasi soal lawan dimilikinya dengan mendetail.

“Di tiap lawan yang kami telah saksikan di seluruh laga musim 2018-19 – kami telah menyaksikan 51 laga Derby County. Analisis di tiap laga membutuhkan waktu kerja empat jam – mengapa kami melakukannya? Karena kami pikir itu sikap profesional,” demikian pernyataan populer dari Marcelo Bielsa.

Metode data itu juga digunakan Bielsa dalam memantau pemain-pemain incaran. Sebagaimana dikutip dari Express fans Leeds melihat Bielsa tengah berada di kafe kopi dan mengamati dengan cermat dokumen-dokumen berisikan informasi mengenai pemain-pemain incaran.

Dalam dokumen yang terlihat Bielsa tampak sedang melihat pemain St Pauli, Finn Ole Becker yang bermain 28 kali di 2. Bundesliga dan menjadi talenta berbakat di ajang tersebut. Selain Becker ada juga pemain Reading, Michael Olise.

Mencari pemain baru untuk memperkuat tim memang tengah sibuk dilakukan Leeds United. Apalagi mereka gagal menebus kontrak Ben White dari Brighton & Hove Albion sebesar 22 juta poundsterling. Padahal White adalah pemain andalan Leeds di musim ini.

Merekrut pemain untuk menambah kekuatan tim memang penting. Eks pemain Leeds United, Paul Robinson mencontohkan pembelajaran dari Norwich City yang promosi musim lalu dan degradasi kembali musim ini meski berstatus juara Championship.

“Konsolidasi adalah kata yang tepat, mereka (Leeds) harus bertahan di Liga Premier. Pengeluaran harus masuk akal dan harus diarahkan untuk mempertahankan klub di Premier League,” tutur Robinson di Sky Sports.

“Mereka memiliki pemain pinjaman Ben White dari Brighton yang menurut pendapat saya adalah pemain terbaik musim ini.Dia dan Jack Harrison akan menjadi kunci jika mereka mungkin bisa mempertahankan mereka. Brighton telah mencatat dengan mengatakan mereka tidak ingin Ben White pergi dan memang demikian.”

“Mereka harus merekrut pemain dengan bijaksana. Tim yang mengeluarkan Anda dari Championship tidak selalu membuat Anda tetap di Premier League, lihat Norwich tahun ini, tidak ada rasa tidak hormat kepada mereka tetapi Anda harus memperkuat tim itu untuk tetap di Premier League,” urai dia.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?