DBAsia News

Lucas Piazon Pertanyakan Kebijakan Transfer Pinjaman Chelsea

DBasia.news – Lucas Piazon mempertanyakan ‘bisnis’ transfer pinjaman yang dijalankan Chelsea, klub yang hanya ia perkuat sebanyak tiga kali di tim senior meski telah menjadi bagian dari mereka selama delapan tahun.

Seperti diketahui, winger asal Brasil itu awalnya didatangkan Chelsea sebagai pemain muda dan untuk memperkuat tim akademi mereka. Banyak nama lain yang juga bernasib serupa seperti dia, sebagaimana klub penghuni Stamford Bridge itu gemar menimbun talenta di tim muda.

Sebelum kedatangan Frank Lampard sebagai manajer pada musim panas 2019, hanya ada sedikit talenta home-grown yang diberi kesempatan untuk membuktikan dirinya di panggung senior. Piazon tidak memenuhi kategori tersebut, selagi sosok 26 tahun itu untuk saat ini dipinjamkan ke Rio Ave – klub ketujuhnya selama tercatat sebagai pemain Chelsea.

Dia sebelum ini sempat dikirim ke Malaga, Vitesse, Eintracht Frankfurt, Reading, Fulham dan Chievo, bahkan tidak lagi bermain untuk tim utama Chelsea sejak Desember 2012.

Piazon sendiri masih terikat kontrak dengan The Blues hingga Juni 2022, namun ia justru merasa diperalat dan tak lebih dari sekadar sarana untuk menghasilkan uang bagi klubnya itu.

Kepada harian Portugal Maisfutebol, Piazon mengatakan: ”Setelah di titik tertentu, koneksinya tidak lagi menguntungkan untuk kedua belah pihak.

“Pada awalnya, saya merasa sangat bagus. Saya masuk ke tim U-23, masuk ke tim utama dan, bahkan di periode pinjaman pertama, saya merasa Chelsea punya ekspektasi dan ketertarikan pada saya.

“Saya sempat yakin bisa kembali dan punya kesempatan kapan pun.

“Kemudian, seiring jalannya waktu, saya hanya menjadi bisnis lain untuk mereka. Mereka mengirim saya lewat status pinjaman dengan ekspektasi untuk menjual saya dan memperloeh sejumlah uang. Saya rasa mereka kurang lebih berpikir seperti itu.”

Meski begitu, kebijakan transfer pinjaman Chelsea sekarang mulai membuahkan hasil. Contohnya ada beberapa nama di tim utama mereka yang mendapat manfaat dari itu, seperti Reece James, Mason Mount, Tammy Abraham hingga Fikayo Tomori.

Terlepas itu, tak sedikit pemain yang tidak sanggup menembus tim utama dan klub asal London barat itu sekarang punya 29 pemain yang dipinjamkan ke klub lain, termasuk Ross Barkley, Ruben Loftus-Cheek dan Michy Batshuayi.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?