DBAsia News

Lima Catatan Rekor Piala Dunia 2018

DBasia.news –  Piala Dunia 2018 sudah berakhir. Partai final antara Timnas Prancis melawan Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (15/7) malam, menutup tirai pesta bola dunia.

Prancis mentasbihkan diri sebagai juara lewat kemenangan 4-2 atas Kroasia. Empat gol Prancis dibuat gol bunuh diri Mario mandzukic (18′), Antoine Griezmann (38’pen), Paul Pogba (59′), dan Kylian Mbappe (65′). Sementara dua gol Kroasia dibuat Ivan Perisic (28′) dan Mario Mandzukic.

Sepanjang gelaran, Piala Dunia 2018 mencatatkan rekor baru. Apa saja?

1. Penalti Terbanyak

Penalti yang diambil oleh Antoine Griezmann dalam final Piala Dunia 2018 merupakan yang ke-29 diberikan oleh wasit. Jumlah ini menjadi rekor di Piala Dunia.

Bahkan Piala Dunia 2018 sudah mematahkan catatan ketika masih fase grup. Ada 24 penalti yang dihadiahi, jauh lebih banyak dari edisi sebelumnya yakni 18.

  1. Gol Bunuh Diri

Total ada 12 gol bunuh diri yang tercipta sejak fase grup hingga final. Yang terakhir yakni yang dibuat Mario Mandzukic ke gawang sendiri dalam partai final.

Jumlah ini dua kali lipat dari rekor pada edisi 1998, di mana ada enam gol bunuh diri tercipta.

  1. Ronaldo Tertua Ketika Hat-trick

Cristiano Ronaldo mencetak hat-trick ketika Portugal melawan Spanyol di Grup B Piala Dunia 2018, 16 Juni. Saat itu, ia berusia 33 tahun 130 hari.

Ia menjadi pemain tertua mencetak hat-trick di Piala Dunia. Rekor pencetak hat-trick tertua sebelumnya dipegang striker Belanda, Rob Rensenbrink.

Rob Rensenbrink membuat trigol dalam usia 30 tahun 335 hari saat Belanda bertemu Iran di fase grup Piala Dunia 1978.

 

  1. Essam El-Haddry Tertua di Piala Dunia

Kiper Mesir ini menjadi pemain tertua di Piala Dunia sepanjang masa. Ia berusia 45 tahun 161 hari ketika menghadapi Arab Saudi pada 25 Juni.

Rekor pemain tertua sebelumnya dipegang Faryd Mondragon. Pemain Kolombia itu berusia 43 tahun 3 hari ketika melawan Jepang pada 24 Juni 2014.

  1. Mario Mandzukic dan Gol Bunuh Diri Pertama di Final

Upaya Mario Mandzukic menghadang bola tendangan bebas Antoine Griezmann dalam final justru menjadi petaka bagi Kroasia. Bola yang mengenai kepalanya justru masuk ke gawang sendiri pada menit ke-18.

Hal ini membuat Mario Mandzukic mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?