DBAsia News

Liga Arab Akhirnya Bereaksi Terkait Pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat ke Jerusalem

WARGA berfoto di depan gambar bendera Amerika Serikat dan Israel yang diproyeksikan ke dinding yang mengelilingi Kota Tua Jerusalem, Senin 14 Mei 2018

IDNGoal.news, Liga Arab, yang berpusat di Ibu Kota Mesir, Kairo, berencana mengadakan pertemuan darurat Kamis 17 Mei 2018 mengenai Jerusalem. Rencana itu muncul setelah Amerika Serikat memindahkan kedutaan besarnya untuk Israel ke Jerusalem.

Pertemuan itu telah diserukan Arab Saudi dan direncanakan akan membahas cara yang mungkin untuk menghadapi pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat di Israel dari Tel Aviv ke Jerusalem. Demikian dilaporkan kantor berita resmi Mesir, MENA.

Pertemuan tersebut akan didahului rapat persiapan di tingkat wakil tetap negara anggota Liga Arab.

Washington meresmikan pembukaan kedutaan besarnya di Jerusalem pada Senin 14 Mei 2018 di tengah protes oleh puluhan ribu warga Palestina di perbatasan Israel dan Jalur Gaza sehingga menewaskan sedikitnya 63 orang dan melukai tak kurang dari 2.800 orang lainnya.

Xinhua melaporkan sebagaimana dikutip Antara, agresi Israel terhadap warga Jalur Gaza, yang tak bersenjata, telah memicu kemarahan di wilayah tersebut dan di tingkat internasional.

Protes itu dilancarkan bersamaan dengan peringatan ke-70 deklarasi kemerdekaan Israel, sehari sebelah “Hari Nakba (Bencana)” Palestina, yang menandai pengusiran 750.000 orang Palestina dari rumah mereka sehingga mereka menjadi pengungsi pada 1948.

Pawai Kepulangan Akbar

Korban kekerasan tentara Israel pada Senin lalu membuat jumlah korban jiwa di pihak warga Palestina bertambah jadi 112 sejak demonstrasi yang dinamai “Pawai Akbar Kepulangan” dimulai pada penghujung Maret 2018 untuk memperingati tahun ke-42 “Hari Tanah”. Rakyat Palestina menuntut hak mereka untuk kepulangan pengungsi Palestina.

Masyarakat internasional menganggap Israel bertanggung-jawab atas kebuntuan dalam proses perdamaian dengan Palestina karena kebijakan perluasan permukimannya di wilayah pendudukan Palestina.

Rakyat Palestina berusaha mendirikan negara merdeka dengan Jerusalem Timur sebagai ibu kotanya sehubungan dengan penyelesaian dua negara yang diusulkan PBB dengan dasar perbatasan pra-1967.

Israel adalah sekutu nomor satu regional bagi Amerika Serikat, yang Presidennya, Donald Trump, telah mengakui Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel meskipun ada penentangan regional dan internasional.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?