DBAsia News

Liga Anak Indonesia Bergulir untuk Cari Pemain demi Piala Dunia U-20

DBasia.news –  Liga Anak Indonesia (Ligana.id) resmi diselenggarakan. Musim perdana Ligana.id dimulai pada Minggu (27/10). Kick-off dilaksanakan di Lapangan Sekau, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Dimulai dari pertandingan kategori U-15 antara Ragunan Soccer School melawan Bintang Pratama. Dalam duel tersebut, RSS menang dengan skor telak, 3-0.

Ligana.id sejatinya menggelar kompetisi di lima kelompok umur, U-9, U-11, U-13, U-15, dan U-17. Khusus U-17, ini menjadi langka. Karena, kompetisi U-17 sempat hilang dan baru kembali bergairah setelah PSSI menggelar Liga 1 Elite Pro Academy U-16.

“Semangatnya adalah pembinaan usia dini. Kami ingin mendukung perkembangan sepak bola nasional lewat level usia dini. Ligana bertujuan membentuk dan membina pemain muda di Indonesia. Formatnya adalah setengah kompetisi dengan tujuan menumbuhkan mental kompetisi kepada para pemain muda Indonesia. Kami berharap ada bibit dari Ligana yang bisa dilirik oleh Timnas Indonesia junior,” kata CEO ETSport, Ridjaldi, selaku operator Ligana, Minggu (27/10).

Kemunculan Ligana sejatinya menambah gairah pembinaan usia dini pasca pengumuman dari FIFA yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Kompetisi Ligana U-17, bisa jadi media bagi pelatih Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 nanti untuk mencari pemain berkualitas.

“Sebenarnya, gagasan menggelar Ligana sudah muncul sebelum Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Tapi, Alhamdulillah, kabar baik itu datang,” ujar Ridjaldi.

Ligana.id digelar mulai akhir Oktober 2019 hingga April 2020 mendatang. Kompetisi U-15 yang dilangsungkan terlebih dulu. Selanjutnya, secara bertahap, empat kategori usia lain akan diselenggarakan.

Kompetisi U-9 dan U-11 akan dimulai pada pertengahan November 2019, sekaligus menjadi gong resmi dari dimulainya Ligana.id. Kompetisi akan segera digulirkan di Tangerang, Bogor-Depok, dan Bekasi.

Ligana sudah mendapatkan restu dari Kementerian Pemuda dan Olahraga serta didukung Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam penyelenggaraannya. Mereka akan memberikan Piala Bergilir untuk kategori U-9, U-11 dan U-13.

“Jadi, kompetisi ini sudah legal. Semangatnya adalah pembinaan usia dini dan kami berharap, Ligana bisa jadi media bagi pelatih Timnas untuk mencari pemain. Syukur, jika nantinya ada pemain jebolan kami yang masuk ke Timnas untuk Piala Dunia U-20 nanti,” terang Chief Registry Officer PANDI selaku penyelenggara Ligana.id, Gunawan Tyas Jatmiko.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?