DBAsia News

Legenda Manchester City Yaya Toure Diangkat Jadi Asisten Pelatih Klub Rusia

DBasia.news – Mantan bintang Barcelona dan Manchester City Yaya Toure telah ditunjuk sebagai asisten pelatih di klub Liga Primer Rusia FK Akhmat.

Sosok berusia 38 tahun itu – yang memulai karier kepelatihannya di klub Ukraina Olimpik Donetsk – diberi kontrak berdurasi satu tahun yang akan membuatnya bertahan di Akhmat Arena untuk musim 2021/22.

Pemenang Pemain Terbaik Afrika empat kali itu sekarang diharapkan untuk membantu Andrei Talalayev di bangku cadangan dan ruang ganti.

“Mantan pesepakbola Yaya Toure telah bergabung dengan staf kepelatihan Thunderbirds. Pelatih kepala Andrey Talalaev akan menentukan tugasnya sebagai asisten,” bunyi pernyataan dari laman resmi klub.

“Kontraknya dihitung hingga akhir musim 2021/22.

“Yaya pernah bermain untuk tim seperti Beveren, Metalurh Donetsk, Monaco, Olympiakos, Barcelona dan Manchester City.

“Kami menyambut Yaya Toure dan mengatakan kepadanya: ‘selamat datang di Ahmat.’”

Seorang legenda dengan 101 caps Pantai Gadang, Toure sempat menghabiskan delapan tahun yang tak terlupakan di City antara 2010 dan 2018, memenangkan tiga gelar Liga Primer, dua Piala Liga dan Piala FA.

Dia terakhir bermain untuk Qingdao Huanghai di League One Tiongkok, dan dia membantu mereka meraih promosi ke Liga Super dengan status juara.

Setelah meninggalkan Tiongkok, pemain Pantai Gading itu sempat membahas transfer dengan Botafogo tetapi dia menolak pindah ke klub Brasil karena alasan keluarga.

“Pandemi virus corona telah membuat segalanya menjadi sulit dalam banyak hal – itulah alasan saya meninggalkan Qingdao Huanghai di Tiongkok pada awal 2020 – tetapi itu memberi saya kesempatan untuk belajar,” tulis Toure di Coaches’ Voice.

“Saya telah mengambil kesempatan untuk mulai mengurus lisensi kepelatihan saya dan memikirkan bab selanjutnya. Saya sudah membuat kemajuan yang baik dalam mendapatkan kualifikasi saya.

“Tapi untuk duduk di kantor sepanjang waktu – itu bukan saya.

“Saya ingin keluar merasakan rumput, berinteraksi dengan orang lain, bertukar ide. Saya sangat beruntung bahwa Chris Ramsey telah memberi saya kesempatan untuk melakukan itu di QPR.

“Saya bisa memimpin sesi pelatihan dengan kelompok usia yang lebih muda, menonton pelatih Chris dan belajar darinya, serta banyak pelatih bagus lainnya seperti Andrew Impey dan Paul Hall. Les Ferdinand sangat hebat, memberi saya kesempatan untuk menyaksikan para pelatih ini beraksi. Mereka telah mendorong saya untuk belajar, dan telah menunjukkan kepada saya apa yang perlu Anda lakukan secara berbeda untuk menjadi pelatih top.

“Saya juga memiliki kesempatan untuk pergi ke Blackburn berkat Stuart Jones, dan PFA – melalui Geoff Lomax – juga telah memberi saya peluang besar. Saya belajar sepanjang waktu, dan saya menyukainya!

“Di QPR, setelah sesi latihan, saya menghabiskan waktu dengan para pemain dan mengobrol dengan mereka. Sungguh menakjubkan melihat betapa berkomitmennya mereka. Mereka ingin mencapai sebanyak saya dahulu, dan mereka selalu ingin belajar bagaimana menjadi lebih baik. Sungguh luar biasa bisa membantu mereka, dan saya senang memiliki kesempatan itu.”

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?