DBAsia News

Laga-laga Masa Lalu antara Barcelona Melawan Bayern munchen

DBasia.news – Barcelona akan bertanding melawan Bayern Munchen di perempat final Liga Champions di Portugal, Sabtu (15/08) dini hari WIB. Bayern dan Barcelona cukup sering bertemu di Liga Champions.

Di antara tim-tim yang masih berpatisipasi di Liga Champions dari PSG (Paris Saint-Germain), Atletico Madrid, RB Leipzig, Manchester City, dan Olympique Lyonnais, hanya Barcelona dan Bayern Munchen yang pernah memenangi Liga Champions.

Namun hanya ada satu pemenang di laga nanti. Dalam sejarahnya pertandingan antara Barcelona dan Bayern Munchen selalu berjalan seru di masa lalu. Pertemuan pertama mereka terjadi pada semifinal Piala UEFA pada 1995-96.

Piala UEFA saat ini formatnya adalah Liga Europa. Pada 1996 leg pertama berakhir imbang di markas Bayern dengan skor 2-2 dan kemudian leg kedua dimenangi Bayern dengan skor 2-1 (agregat gol 4-3).

Lalu ada juga pertemuan kedua di fase grup Liga Champions musim 1998-99. Barcelona arahan Louis van Gaal kalah 0-1 dari Bayern Munchen di Jerman via gol Stefan Effenberg dan kemudian kalah lagi di Camp Nou dengan skor 1-2.

Selain pertandingan itu masih ada tiga pertandingan lainnya di fase gugur Liga Champions antara Barcelona melawan Bayern Munchen. Berikut ulasan dari BolaSkor.com:

1. Liga Champions 2008-09

Perempat final dan jadi pertemuan pertama Barcelona dengan Bayern Munchen di fase gugur. Barcelona yang sedang ‘gila-gilanya’ di bawah asuhan Pep Guardiola melumat Bayern di leg pertama dengan skor 4-0 melalui dua gol Lionel Messi, Samuel Eto’o, dan Thierry Henry.

Tak ayal laga kedua yang berlangsung di Allianz Arena tak lebihnya pertandingan formalitas karena keunggulan telak agregat gol itu. Laga berakhir imbang 1-1 dengan gol Franck Ribery yang dibalas Seydou Keita. Barca ke semifinal dengan agregat gol 5-1.

2. Liga Champions 2012-13

Salah satu sejarah kelam Barcelona di kompetisi Eropa. Bagaimana tidak, Barcelona merasakan kekalahan agregat gol terbesar di semifinal sejak 1964 kala melawan Bayern Munchen besutan Jupp Heynckes – Barca kala itu dilatih Tito Vilanova.

Kalah telak 0-4 di leg pertama yang berlangsung di Jerman dari dua gol Thomas Muller, satu gol Mario Gomez, dan Arjen Robben, Barcelona juga tak berdaya di Camp Nou dari gol Arjen Robben, bunuh diri Gerard Pique, dan Muller.

3. Liga Champions 2014-15

Dua tahun setelahnya Barcelona membalaskan luka kekalahan itu di era kepelatihan Luis Enrique. Dengan gaya main berbeda dan tidak lagi terlalu mengandalkan penguasaan bola serta tiki-taka ala Guardiola, Barcelona bermain efisien dengan trio Neymar, Luis Suarez, dan Messi.

Pada fase semifinal di leg pertama yang dihelat di Camp Nou Barca menang 3-0 dari dua gol Messi dan Neymar. Salah satu gol Messi tercipta hebat karena ia melakukan nutmeg kepada Jerome Boateng hingga ia terjatuh.

Bayern arahan Guardiola coba membalikkan agregat gol di leg kedua dan mereka memang menang serta mencetak tiga gol. Akan tapi Barca juga mencetak dua gol hingga unggul agregat gol total 5-3.

Pada leg kedua gol dari tuan rumah yang dicetak Medhi Benatia, Robert Lewandowski, dan Muller dibalas oleh dua gol bintang asal Brasil, Neymar.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?