Klub Serie A Diperbolehkan Menambah Jumlah Sponsor

Serie A

DBasia.news –  Klub Serie A Italia diperbolehkan menambah jumlah sponsor. Hal itu berdasarkan keputusan dari Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC).

Nantinya, klub Serie A bisa seperti tim-tim Premier League, di mana bisa menaruh sponsor di lengan.

Beberapa bulan lalu, FIGC selaku empunya sepak bola di Italia mengadakan pertemuan dengan perwakilan klub-klub Serie A. Saat itu, berbagai agenda dibahas.

Satu di antaranya adalah membahas mengenai sponsor klub yang berlaga di Serie A. Maklum, selama ini klub Serie A hanya memasang sponsor pada bagian depan jersey.

Penggunaan sponsor di lengan jersey memang tengah populer dalam beberapa musim terakhir. LaLiga merupakan kompetisi pertama yang memperbolehkan hal tersebut.

Setelah itu, Bundesliga dan Ligue 1 juga mengenakan sistem yang sama. Teranyar, Premier League menerapkan aturan yang sama sejak musim 2017-2018.

 

Serie A


FIGC pun menyetujui permintaan klub Serie A untuk memasang sponsor di lengan. Mulai musim ini, setiap klub diperbolehkan memasang sponsor di empat tempat di jersey mereka.

“Sponsor diperbolehkan di depan jersey, di bawah nomor punggung, dan di lengan kiri. Secara keseluruhan, total sponsor tidak boleh lebih dari 650 cm persegi,” tulis pernyataan Serie A.

Dalam ketentuan tersebut dijelaskan bahwa sponsor di bagian depan jersey tidak boleh lebih dari 350 cm persegi. Boleh menggunakan dua sponsor, tetapi satu di antaranya kurang dari 250 cm persegi.

Sementara itu, ukuran sponsor di bawah nomor punggung pemain memiliki ketetapan lebih kecil. Sponsor yang berada di bawah nomor punggung pemain tidak boleh lebih besar dari 200 cm persegi.

Di lengan kiri jersey, ukuran maksimal yang diperbolehkan oleh Serie A adalah 100 cm persegi. Klub tidak boleh memasang sponsor yang berukuran lebih dari itu.