DBAsia News

Klasemen Akhir Grup E Euro 2020: Bantai Slovakia, Spanyol Temani Swedia ke-16 Besar

DBasia.news – Berikut klasemen akhir Grup E Euro 2020 di mana Timnas Swedia kuasai puncak, dan Spanyol akhirnya lolos usai menjadi runner-up.

Dua pertandingan terakhir Grup E yakni antara Swedia vs Polandia dan Slovakia vs Spanyol telah resmi digelar pada Rabu (24/06) kemarin malam, dengan dua tim berhasil melaju ke babak selanjutnya.

Posisi Spanyol memang sempat berada di ujung tanduk setelah gagal meraih kemenangan pada dua laga perdana. La Furia Roja tertahan di peringkat ketiga dengan raihan dua poin hasil bermain imbang kontra Swedia dan Polandia.

Kondisi tersebut membuat Spanyol tampil agresif kontra Slovakia. Sementara sang lawan yang butuh hasil imbang untuk lolos memilih tampil bertahan.

Spanyol nyaris memecah kebuntuan pada menit ke-12 setelah wasit menghadiahi penalti. Keputusan itu dibuat setelah Jakub Hromada melanggar Koke di kotak terlarang.

Alvaro Morata kemudian maju sebagai eksekutor penalti. Namun tembakannya mampu dibaca dengan baik oleh Martin Dubravka.

Kegagalan tersebut membuat Spanyol kian tertekan. Sejumlah peluang lain yang sempat diciptakan kembali terbuang begitu saja.

Beruntung bagi Spanyol, sebuah kesalahan fatal dibuat Dubravka pada menit ke-30. Kiper Newcastle United justru melakukan gol bunuh diri setelah kurang sempurna dalam menepis bola liar hasil tembakan Pablo Sarabia yang membentur tiang.

Gol tersebut seolah melepas beban berat di pundak para pemain Spanyol. Alhasil mereka mampu menggandakan keunggulan lewat sundulan Aymeric Laporte di penghujung babak pertama.

Pada babak kedua, Spanyol kian menggila. Tiga gol tambahan berhasil mereka bukukan ke gawang Slovakia.

Sarabia mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-56. Umpan matang Jordi Alba diteruskannya dengan tembakan first time.

Ferran Torres yang baru masuk ke lapangan menjauhkan keunggulan Spanyol pada menit ke-67. Backheel cantik pemain Manchester City tersebut mengecoh Dubravka.

Pesta gol tuan rumah kemudian ditutup oleh bunuh diri Juraj Kucka yang salah mengantisipasi bola sundulan Pau Torres. Spanyol benar-benar kembali menemukan naluri membunuhnya di saat yang tepat.

Dari pertandingan lain, Swedia memantapkan posisinya di puncak klasemen. Tim asuhan Janne Anderson mengalahkan Polandia dengan skor tipis 3-2.

Emil Forsberg langsung membawa Swedia unggul saat laga baru berjalan dua menit. Aksi individunya mengecoh pertahanan Polandia sebelum melepaskan tembakan keras mendatar.

Forsberg menggandakan keunggulan Swedia pada menit ke-59. Kali ini tembakan akuratnya meneruskan umpan Dejan Kulusevski melesat mulus ke pojok gawang.

Polandia yang tak kenal menyerah sempat menyamakan kedudukan lewat dua gol Robert Lewandowski pada menit ke-61 dan 84. Namun gol Viktor Claesson di masa injury time memastikan kemenangan Swedia.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?