DBAsia News

Kisah Lagu Sweet Caroline Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

DBasia.news – Lagu Sweet Caroline milik penyanyi klasik, Neil Diamond, menjelma menjadi lagu wajib para penggemar Inggris pada Piala Eropa 2020. Ribuan suporter The Three Lions kompak menyanyikan lagu tersebut pada akhir pertandingan.

Sejatinya, para suporter Inggris sudah punya katalog lagu yang biasanya dinyanyikan di dalam stadion. Beberapa di antaranya adalah Football’s Coming Home, World in Motion, dan Vindaloo. Namun, pada edisi kali ini ada pemandangan yang berbeda.

Lagu Sweet Caroline memang sudah sejak lama menjadi lagu perayaan sejumlah tim dan olahragawan Inggris. Para pendukung Aston Villa dan Chelsea juga menyanyikan lagu tersebut selama bertahun-tahun yang lalu.

Rupanya, demam lagu Swees Caroline kini sudah menjangkiti suporter Inggris. Tony Perry, seorang DJ di Stadion Wembley, memutar lagu tersebut usai kemenangan Inggris melawan Jerman.

“Ketika Inggris melawan Jerman, kami sebenarnya memainkan Sweet Caroline dalam persiapan sebelum pertandingan. Kemudian, kedua suporter bereaksi seperti orang gila,” kata Perry kepada BBC.

“Pada saat itu, saya pikir Sweet Caroline telah melakukan pekerjaan lebih baik daripada Vindaloo.”

Pemutaran lagu Sweet Caroline pun disambut baik oleh Gareth Southgate. “Anda tidak bisa mengalahkan Neil Diamond. Itu adalah lagu yang sangat menggembirakan. Saya pikir, lagu tersebut menyatukan orang-orang,” kata Southgate.

Sementara itu, mengenai lagu Sweet Caroline, nama yang ada pada judul diinspirasi dari putri mantan presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Meskipun, tema lirik terinspirasi oleh istri Diamond, Marcia, yang ditulis pada 1969.

Lagu tersebut berada pada tempat ketiga tangga lagu Amerika Serikat saat itu. Sementara itu, di Inggris, popularitas lagu Sweet Caroline hanya menempati posisi kedelapan. Meski demikian, Sweet Caroline masih terus diingat hingga beberapa dekade.

Selain fans tim nasional Inggris, suporter timnas Irlandia Utara juga terbiasa menyanyikan lagu Sweet Caroline. Bahkan, lebih dulu atau tepatnya pada 2005. Uniknya, saat itu Irlandia Utara mengalahkan Inggris.

Pada sisi lainnya, lagu Sweet Caroline juga identik dengan petinju kelas berat Inggris, Anthony Joshua, dan tim Major League Baseball Boston Red Sox.

Berikut ini adalah lirik lagu Sweet Caroline yang dinyanyikan Neil Diamond:

Where it began,

I can’t begin to knowing,

But then I know it’s growing strong

Was in the spring,

Then spring became the summer,

Who’d have believe you’d come along?

Hands,

Touching hands,

Reaching out,

Touching me,

Touching you…

Sweet Caroline!

Good times never seemed so good.

I’ve been inclined

To believe they never would

But now I…

Look at the night

And it don’t seem so lonely.

We filled it up with only two.

And when I hurt,

Hurting runs off my shoulders,

How can I hurt when holding you?

One,

Touching one,

Reaching out,

Touching me,

Touching you…

Sweet Caroline!

Good times never seemed so good.

I’ve been inclined

To believe they never would, oh no, no.

Sweet Caroline!

Good times never seemed so good.

Sweet Caroline!

I believed they never could.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?