DBAsia News

FIFA Rancang Aturan Pergantian Pemain yang Baru

DBasia.news –  Kepala Bagian Medis FIFA, Michel D’Hooghe, membenarkan bahwa bakal memperkenalkan aturan pergantian pemain. Hal itu untuk menangani kasus pemain yang cedera kepala.

FIFPro meminta FIFA mengubah aturan soal perawatan pemain selama tiga menit. Kondisi tersebut setelah meningkatnya jumlah cedera kepala.

Pada musim 2018-2019, terdapat sejumlah nama yang menderita cedera kepala, Fabian Schar, David Ospina, serta Anthony Lopes. Hal itu membuat seorang dokter menyarankan pergantian pemain sementara.

“Ini merupakan masalah serius. Ini adalah urusan medis. Saya melakukan pertemuan dengan anggota tim medis FIFA 14 hari lalu. Kami mendapat konklusi untuk dilaporkan ke FIFA dan IFAB,” tutur Michel D’Hooghe.

“Pertama, menurut kami dokter harus berada dalam level tertinggi dan kami akan mengadakan kursus baru untuk dokter tim. Kami juga akan meminta setiap adanya dokter netral untuk memberi opini kedua.”

“Terdapat saran untuk membiarkan dokter melakukan pemeriksaan SCAT5 yang hanya perlu 10 menit. Selama 10 menit tersebut, tim diperbolehkan melakukan pergantian pemain sementara.”

SCAT5 atau Sport Concussion Assessment Tool 5 adalah peralatan yang digunakan untuk memeriksa benturan di kepala pada olahraga. Biasanya butuh waktu paling cepat 10 menit untuk menjalankan pemeriksaan.

Kemungkinan, aturan baru FIFA ini akan diresmikan pada Maret 2020.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?