DBAsia News

FIFA Beri Pernyataan Terkait Kontrak Pemain dan Bursa Transfer

DBasia.news –  FIFA selaku Federasi Sepak Bola Dunia mengeluarkan pernyataan terbaru terkait kontrak pemain dan bursa transfer selama pandemi virus Corona. Pernyataan itu diharapkan Gianni Infantino Presiden FIFA dapat menjadi jalan tengah bagi semua pihak.

Seluruh jadwal musim 2019/20 dan jelang musim depan menjadi berantakan karena virus corona yang tak memiliki kepastian kapan akan berakhir. FIFA coba memberikan kelonggaran dari segi kontrak pemain dan bursa transfer.

“Pandemi Covid-19 jelas telah mengubah semua keadaan faktual seputar sepak bola untuk musim ini. Jadi, FIFA, bersama-sama dengan para pemegang saham, telah datang dengan beberapa ide dan proposal praktis untuk mengatasi keadaan baru ini,” tutur Infantino di laman resmi FIFA.

“Sementara ini tidak akan menyelesaikan setiap masalah, itu harus berfungsi untuk membawa ukuran stabilitas dan kejelasan sepak bola untuk masa mendatang.”

“Kami berharap upaya kolaboratif ini, di bawah kepemimpinan FIFA, dapat memberikan contoh positif tentang bagaimana sepak bola dapat bersatu dan menunjukkan persatuan, solidaritas, dan semangat kompromi untuk menghadapi masa-masa sulit di masa depan.”

“Tetapi sebelum masa-masa ini datang, satu hal harus jelas bagi semua orang, terutama sekarang: kesehatan didahulukan, jauh sebelum sepak bola.”

Pembahasan dimulai dari kontrak pemain yang berakhir di akhir musim alias free agent. FIFA memberikan kelonggaran agar waktu kontrak mereka diperpanjang dan diharapkan pemain, agen pemain, serta klub memiliki visi serupa untuk menyelesaikan permasalahan.

“Kontrak pemain yang akan berakhir biasanya berakhir ketika musim usai, dengan tanggal penghentian yang bertepatan dengan akhir musim. Dengan penangguhan waktu bermain di sebagian besar negara, sekarang jelas bahwa musim saat ini tidak akan berakhir ketika orang berpikir itu akan berakhir,” tambah pernyataan dari FIFA.

“Oleh karena itu, diusulkan agar kontrak diperpanjang hingga waktu musim benar-benar berakhir. Ini harus sejalan dengan niat asli para pihak ketika kontrak ditandatangani dan juga harus menjaga integritas dan stabilitas olahraga.”

“Prinsip serupa berlaku untuk kontrak yang akan dimulai ketika musim baru dimulai, yang berarti berlakunya kontrak tersebut ditunda sampai musim berikutnya benar-benar dimulai,” terang pernyataan itu.

Kontrak pemain biasanya berakhir pada Juni atau Juli dan kini FIFA melonggarkannya hingga kompetisi 2019-20 benar berakhir. Sementara untuk bursa transfer musim panas tetap dijalankan tepat di antara waktu akhir musim ini hingga jelang musim depan – waktunya belum dipastikan.

“Berkenaan dengan bursa transfer, sekali lagi, perlu untuk menyesuaikan posisi pengaturan normal dengan keadaan faktual baru. Dengan demikian, FIFA akan fleksibel dan akan memungkinkan jendela transfer yang relevan untuk dipindahkan sehingga jatuh di antara akhir musim lama dan awal musim baru,” imbuh pernyataan tersebut.

“Pada saat yang sama, FIFA akan berusaha memastikan, jika memungkinkan, tingkat koordinasi secara keseluruhan dan juga akan mengingat perlunya melindungi keteraturan, integritas dan berfungsinya kompetisi, sehingga hasil olahraga dari kompetisi apa pun dengan tidak adil tak terganggu.”

“Latar belakang dan perincian lebih lanjut tentang pedoman yang disetujui oleh Biro Dewan dapat ditemukan dalam COVID-19: dokumen Masalah Pengaturan Sepak Bola,” urai pernyataan FIFA.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?