DBAsia News

Fakta Bambang Pamungkas Usai Pensiun

DBasia.news –  Striker gaek Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, resmi pensiun. Persija menjadi klub terakhir yang diperkuatnya.

Bepe, panggilan Bambang Pamungkas mengumumkan pensiun usai pertandingan Persija kontra Persebaya Surabaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (17/12). Partai ini memang belakangan diindikasikan jadi momentum perpisahannya sebaga pesepak bola dengan Jakmania, pendukung Persija.

Bambang Pamungkas dimainkan pada menit ke-75. Ia menggantikan Sandi Sute dan langsung mendapat ban kapten dari Andritany Ardhiyasa. Pensiun Bepe kurang manis mengingat Persija kalah 1-2 dari Persebaya.

Bepe mendapat penghormatan dari pemain, pelatih, dan ofisial tim Persija usai pertandingan.

Bepe punya sejumlah fakta. Apa saja?

1. Pelita Jaya merupakan klub yang disukai saat kecil sesuai yang dituliskan di lamannya. Itu tak lepas dari komposisi skuat Pelita Jaya, yang dianggap bertabur bintang. Apalagi Pelita Jaya saat itu diperkuat idolanya, Kurniawan Dwi Yulianto. Itu sebelum Bepe begitu mencintai Persija, sebelum akhirnya pensiun.

2. Bambang Pamungkas memulai karier profesionalnya di Persija. Ia bergabung pada 1999 ketika usianya 19 tahun.

3. Bambang Pamungkas sebetulnya menyukai nomor 10, karena merasa istimewa. Namun karena sudah identik dengan Kurniawan Dwi Yulianto, ia memilih nomor 20 dengan harapan dua kali lebih istimewa.

4. Empat klub diperkuat Bambang Pamungkas dalam karier profesionalnya. Selain Persija Jakarta, yakni EHC Norad (pinjaman), Selangor FA, Pelita Bandung Raya. Persija Jakarta menjadi klub terlama yang diperkuat.

5. Sepanjang kariernya Bambang Pamungkas setidaknya merasakan lebih dari 10 gelar juara. Di Persija, ia merasakan titel juara Liga (2001 dan 2018), Hassanal Bolkiah Tournament (2000), Piala Emas Bang Yos (2003), Piala Presiden (2018), Boost Sport Fix Super Cup (2018). Itu belum termasuk gelar di Trofeo Persija.

Sementara di Selangor, ia mencicipi gelar juara di Sultan Selangor Cup (2005), Liga Perdana Malaysia (2005), FA Cup (2005), Malaysia Cup (2005), Piala Selangor (2009/pemain pinjaman)

6. Bambang Pamungkas juga mencatatkan gelar pribadi seperti Top Skorer Liga (2000), Pemain Terbaik Liga Indonesia (2001), Pemain Terbaik dan Striker Terbaik Copa (2007), Duet Terbaik Copa (2007), Pemain Terbaik Malaysia Cup (2005), Top Skorer FA Malaysia (2005), Top Skorer Malaysia Premier League (2005)

7. Bambang Pamungkas menutup karier di Persija dengan catatan 200 gol dari 352 pertandingan.

8. Bambang Pamungkas merupakan satu-satunya pemain yang tersisa ketika juara pada 2001. Ia juga satu-satunya pemain di skuat yang merasakan dua kali gelar liga.

9. Bambang Pamungkas sudah lebih dulu menyatakan pensiun dari Timnas Indonesia. Ia mengumumkan selesai membela Skuat Garuda sebagai pemain pada 1 April 2013.

10. Bambang Pamungkas merupakan pemain dengan caps terbanyak Timnas Indonesia. Sesuai yang tertulis di bukunya, Bepe telah 86 kali bersama Timnas Indonesia dan mencatatkan 38 gol. Jumlah golnya masih di bawah Soetjipto Soentoro yang mencetak 57 gol.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?