DBAsia News

Dominasi Spanyol Yang Nyata Di Kompetisi Antarklub Eropa

Atletico Madrid Kukuhkan Dominasi Tim Spanyol

IDNGoal.news, Madrid – Atletico Madrid baru saja memastikan diri menjadi juara Liga Europa musim ini. Kemenangan telak 3-0 atas Olympique Marseille di Lyon, Kamis (17/5) dini hari WIB memastikan Los Rojiblancos mengamankan trofi ketiga mereka di ajang Liga Europa.

Di laga itu dua gol Atletico berhasil dicetak oleh Antoine Griezmann. Sementara satu gol lainnya diciptakan oleh sang kapten, Gabi di akhir babak kedua.

Selain menunjukan kalah kelasnya Marseille dari Atletico, kemenangan Antoine Griezmann dan kolega di laga final itu juga menunjukan bagaimana klub-klub asal Spanyol sangat dominan di kompetisi antarklub Eropa dalam 10 tahun terakhir.

Kita mulai dari ajang Liga Champions. Dalam 10 musim terakhir, enam trofi Kuping Besar selalu mampir ke Spanyol. Barcelona dapat dua kali jatah untuk membawa pulang trofi itu, sementara empat sisanya menjadi milik Real Madrid.

Kondisi nyaris serupa juga terjadi di ajang yang selama ini dibilang kasta kedua, Liga Europa. Dalam 10 musim terakhir, enam kali trofi perunggu Liga Europa berhasil dibawa ke ranah Matador. Sevilla bahkan sempat menjadi juara di ajang ini selama tiga musim beruntun di musim 2013-14, 2014-15 dan 2015-16.

Selain itu gelar terbanyak di ajang Liga Champions dan Liga Europa juga dipegang klub dari Spanyol. Di ajang Liga Champions, Real Madrid perkasa dengan jumlah 12 gelar. Sementara itu Sevilla bangga memegang lima gelar di ajang Liga Europa.

Bahkan dominasi klub-klub asal Spanyol di kompetisi antarklub Eropa bisa saja kembali terjadi di akhir bulan nanti. Syaratnya tentu saja Real Madrid bisa mengalahkan Liverpool di final Liga Champions yang akan berlangsung di Kiev, Ukraina.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?