DBAsia News

Dapat Dukungan, 5 Negara ASEAN Hampir Pasti Tuan Rumah Piala Dunia 2034?

DBasia.news –  Presiden FIFA Gianni Infantino, datang ke Bangkok untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN yang digelar 2 hingga 4 November 2019. Gianni bertemu Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah kepala negara Asia Tenggara.

Dalam pertemuan kali ini, Jokowi berniat membahas masalah Piala Dunia U-20 2021. Jokowi ingin Indonesia secara khusus mempersiapkan secara matang menjadi tuan rumah dan peserta Piala Dunia U-20 2021.

Tak hanya itu, kemungkinan besar kedatangan Presiden FIFA ke KTT ASEAN adalah bicara soal bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Di mana, 5 negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Vietnam ingin mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Tuan rumah Piala Dunia 2034 memang menjadi jatah negara Asia atau Oceania. Setelah 2026 menjadi jatah negara benua Amerika atau Afrika. Namun, Amerika Serikat-Meksiko-Kanada yang akhirnya terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 mengalahkan Maroko.

Benua Eropa tidak mendapat jatah karena Piala Dunia 2018 baru saja digelar di Rusia. Begitupun negara-negara Asia Timur dan Timur Tengah, di mana tidak mendapat jatah, karena Piala Dunia 2022 digelar di Qatar.

Sementara itu, tuan rumah Piala Dunia 2030 merupakan jatah negara Amerika Latin. Rencananya, Aregntina-Uruguay akan menjadi tuan rumah bersama.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?