DBAsia News

Bintang Laga Italia Vs Austria: Federico Chiesa Akhiri Kebuntuan

DBasia.news – Tim Nasional Italia sempat dibuat frustrasi saat mengalahkan Austria dengan skor 2-1 pada babak 16 besar Piala Eropa 2020. Beruntung Gli Azzurri memiliki seorang supersub bernama Federico Chiesa.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (27/6) dini hari WIB, Austria memaksa Italia melakoni babak perpanjangan waktu. Itu setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 90 menit.

Padahal Italia mendominasi permainan sejak awal pertandingan. Sejumlah peluang emas juga sempat diciptakan Nicolo Barella dan Ciro Immobile.

Namun usaha keras Italia tak juga membuahkan hasil. Solidnya pertahanan Austria menjadi penyebab utama.

Chiesa sendiri baru dimasukkan enam menit jelang waktu normal berakhir. Ia tak bisa berbuat banyak di sisa waktu yang sedikit tersebut.

Pemain Juventus itu baru menunjukkan kualitasnya pada babak perpanjangan waktu. Chiesa mampu membobol gawang Austria hanya lima menit setelah laga dilanjutkan kembali.

Menerima umpan panjang Leonardo Spinazzola di sisi kanan kotak penalti Austria, Chiesa melakukan kontrol sempurna untuk mengecoh bek lawan. Ia kemudian melepaskan tembakan setengah voli kaki kiri tanpa bisa diredam Daniel Bachmann.

Gol tersebut langsung meruntuhkan mental bertanding para pemain Austria. Perjuangan mereka menahan Italia seolah menjadi sia-sia.

Hal itu bisa dimanfaatkan Italia untuk menggandakan keunggulan melalui tembakan Matteo Pessina. Skor 2-0 untuk keunggulan Italia menutup babak pertama perpanjangan waktu.

Austria mencoba bangkit di babak kedua. Mereka sukses memperkecil kedudukan melalui sundulan Sasa Kalajdzic.

Namun kebangkitan Austria sudah terlambat. Italia mampu mempertahankan kemenangannya hingga pertandingan usai.

Hal itu membuktikan betapa pentingnya gol Chiesa dalam kemenangan Italia. Jika tak ada gol tersebut, bukan tidak mungkin laga harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Chiesa sendiri memilih merendah. Ia merasa kemenangan ini merupakan buah kerja keras seluruh anggota tim Italia.

“Austria bermain bagus tetapi kami memiliki peluang dan kami mencetak beberapa gol bagus. Saya pikir kami pantas lolos,” kata Chiesa usai pertandingan.

“Kami adalah tim yang terdiri dari 26 pemain dan kami semua ingin membantu tim menang. Inilah yang membuat perbedaan dalam pertandingan tadi.”

Satu gol ke gawang Austria membuat Chiesa layak diberikan peran lebih oleh Mancini. Apalagi performa Domenico Berardi kurang maksimal.

Bukan tidak mungkin Chiesa akan dipasang sebagai starter pada laga perempat final mendatang. Mungkin juga ia kembali menjalani peran sebagai supersub untuk membawa Italia melaju lebih jauh.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?