DBAsia News

Ansu Fati Bantu Barca Gagalkan Laju Inter Milan

DBasia.news –  Bintang remaja Barcelona, Ansu Fati mengubur mimpi Inter Milan untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Gol pemain ini ikut memastikan kemenangan Barcelona 2-1 laga pamungkas Grup F di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, Rabu WIB.

Inter Milan gagal lolos ke-16 besar dan harus puas menerima fakta turun kasta ke Liga Europa, sebab tim arahan Antonio Conte hanya bisa finish di peringkat tiga dengan raihan tujuh poin. Posisi mereka disalip oleh Borussia Dortmund yang menang 2-1 atas Slavia Praha dan meraih 10 poin, mendampingi Barcelona (14 poin) ke fase 16 besar.

Kemenangan Barcelona semakin spesial karena diraih tanpa Lionel Messi yang sengaja diistirahatkan Ernesto Valverde untuk laga LaLiga. Meski tanpa Messi, Blaugrana nyatanya tetap bermain bagus dalam taktik 3-5-2 yang tak lazim digunakan Valverde (biasanya 4-3-3 atau 4-4-2).

Barcelona mendominasi penguasaan bola sebesar 64 persen berbanding 36 persen, melepaskan 18 percobaan tendangan dan lima tepat sasaran (dua berbuah gol). Sementara 18 tendangan, delapan tendangan tepat sasaran Inter, hanya berbuah satu gol.

Satu gol itu diciptakan Romelu Lukaku di menit 44 dari sepakannya yang terdefleksi kaki Samuel Umtiti. Gol itu membalas gol yang dicetak Carles Perez di menit 23. Perez sebelumnya bekerja sama dengan Arturo Vidal.

Inter rajin melakukan pressing (tekanan) untuk coba merebut bola dari penguasaan Barca. Dua-tiga gol mereka lesakkan oleh Lukaku dan Lautaro Martinez, namun gol-gol itu dianulir karena offside. Masuknya Valentino Lazaro, Matteo Politano, dan Sebastiano Esposito, tak mengubah kedudukan.

Justru Barcelona yang mencetak gol ‘pembunuh’ laga di menit 86. Baru semenit bermain di lapangan, remaja berusia 17 tahun, Ansu Fati, langsung mencetak gol ketika menyambut assist dari Luis Suarez. Barca mengamankan kemenangan 2-1 di markas Inter.

Dua gol dari pemain muda produk akademi La Masia. Barcelona masih tetap kuat tanpa Lionel Messi, Gerard Pique, Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba, dan Sergio Busquets yang duduk di bangku cadangan.

Susunan Pemain:

Inter Milan (3-5-2): Samir Handanovic; Diego Godin, Stefan de Vrij, Milan Skriniar; Danilo D’Ambrosio (Matteo Politano 75′), Matias Vecino, Marcelo Brozovic, Borja Valero (Sebastiano Esposito 77′), Cristiano Biraghi (Valentino Lazaro 69′); Romelu Lukaku, Lautaro Martinez.

Pemain Cadangan: Sebastiano Esposito, Antonio Candreva, Alessandro Bastoni, Valentino Lazaro, Federico Dimarco, Matteo Politano, Daniele Padelli.

Pelatih: Antonio Conte

Barcelona (3-5-2): Neto; Jean-Clair Todibo, Samuel Umtiti, Clement Lenglet; Moussa Wague, Arturo Vidal, Carles Alena, Ivan Rakitic (Frenkie de Jong 62′), Junior Firpo; Carles Perez (Ansu Fati 85′), Antoine Griezmann (Luis Suarez 62′).

Pemain Cadangan: Dani Morer, Ansu Fati, Frenkie de Jong, Luis Suarez, Marc-Andre ter Stegen, Ronald Araujo, Sergio Busquets.

Pelatih: Ernesto Valverde

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?