DBAsia News

11 Transfer Paling Mahal Premier League

Kepa Arrizabalaga

DBasia.news – Inflasi harga pemain semakin meningkat tiap tahunnya di era sepak bola modern. Saking cepatnya peningkatan tersebut, tidak ada yang tahu pasti barometer untuk mengukur nilai atau harga seorang pemain tertentu. Rekor transfer 222 juta euro Neymar bahkan diprediksi akan segera disalip pemain lainnya – mungkin Kylian Mbappe jika Real Madrid benar-benar serius menginginkannya.

Sebenarnya, meroketnya harga pemain bukanlah suatu hal yang aneh di sepak bola modern, di mana sepak bola telah menjadi industri hiburan – bukan sekedar olahraga biasa. Namun, bagi pecinta sepak bola lawas yang masih mengikuti perkembangan sampai saat ini, mereka barangkali pernah terpikir bagaimana jika pemain-pemain dengan transfer besar di masa lalu, dikonversikan dengan inflasi harga di era sepak bola modern. Pasti besar biaya transfernya.

Studi menarik dilakukan oleh TotallyMoney terkait transfer yang pernah terjadi di Premier League. Mereka mengonversi rekor-rekor atau transfer dengan biaya besar di masa lalu dengan saat ini. Hasilnya, 11 pemain di bawah ini menempati urutan teratas daftar transfer termahal Premier League dihitung dengan perhitungan inflasi harga saat ini.

  1. Kepa Arrizabalaga – Kiper

helsea menebus klausul pembelian Kepa Arrizabalaga di musim panas ini dari Athletic Bilbao sebesar 71,6 juta poundsterling. Jikalaupun dihitung dengan perhitungan uang saat ini, kiper asal Spanyol masih menempati urutan teratas kiper pada harga 67,8 juta poundsterling.

Tantangan besar tentunya bagi penjaga gawang berusia 23 tahun untuk hidup dengan menanggung status kiper termahal dunia. Kepa harus memperlihatkan kualitas yang setimpal dengan banderolnya.

  1. Graeme Le Saux – Bek Kiri

Legenda bagi Chelsea. Graeme Le Saux membela Chelsea selama dua periode pada medio 1989-1993 dan 1997-2003. Di selang waktu tersebut, Le Saux yang berposisi sebagai bek kiri membela Blackburn Rovers selama empat tahun.

Pada 1997 ketika dia kembali ke Chelsea, rekor bek termahal kala itu pecah pada harga lima juta poundsterling. Dikonversi dengan peningkatan harga saat ini, tahukah Anda berapa harga Le Saux? Jangan kaget … 72,1 juta poundsterling. Melihat kualitas bermainnya di masa prima, tidak heran jika harga itu memang pantas dilabeli untuk Le Saux.

  1. Ricardo Carvalho – Bek Tengah

Jose Mourinho membuka jalan bagi Ricardo Carvalho mengukir sejarah di Chelsea pada 2004 setelah sukses bersama di FC Porto. Bek tengah asal Portugal dibeli seharga 20 juta poundsterling dan kini harganya bisa mencapai 84,4 juta poundsterling.

Melihat kesuksesan besar pemain yang pernah bermain di Porto, Chelsea, dan Real Madrid, tidak heran Carlvalho dihargai melebihi torehan 75 juta poundsterling Virgil van Dijk. Plus, Carvalho sudah pernah meraih titel Euro 2016 dengan timnas Portugal.

  1. Rio Ferdinand – Bek Tengah

 

Pemain termahal kedua dalam susunan 11 pemain termahal Premier League dengan perhitungan harga saat ini. Ketika Sir Alex Ferguson memboyongnya ke Manchester United dari Leeds United pada tahun 2002, Man United mengeluarkan uang lebih dari 30 juta poundsterling.

Banderol itu relatif murah jika melihat kontribusi besar, kualitas, dan jiwa kepemimpinan yang dimiliki Ferdinand selama bertahun-tahun membela Setan Merah. Kini, harga transfer pria yang saat ini menjadi pemerhati sepak bola, bisa mencapai harga 121,7 juta poundsterling.

  1. Paulo Ferreira – Bek Kanan

 

Satu paket dengan Carvalho ketika dibeli Chelsea pada 2004. Keduanya menjadi proyek revolusi Mourinho di Chelsea dan sukses mengukir sejarah di sana. Paulo Ferreira dibeli dari Porto seharga 13,2 juta poundsterling dan saat ini meningkat menjadi 60 juta poundsterling.

Ferreira merupakan tipe pemain yang tidak memiliki kemampuan teknik yang menonjol atau istimewa, namun selalu dapat diandalkan ketika diturunkan pelatih untuk bermain.

  1. Paul Pogba – Gelandang Tengah

Bersama Kepa, Paul Pogba merupakan perwakilan transfer termahal Premier League dari era sepak bola modern. Pogba, 25 tahun, masih jadi gelandang termahal dunia dengan nominal 89,3 juta poundsterling kala dibeli Man United dari Juventus dua tahun silam.

Harganya kini meningkat drastis menjadi 117,7 juta poundsterling. Sayang, Pogba belum memperlihatkan potensi maksimalnya seperti di timnas Prancis dengan Man United. Dia justru dirumorkan hengkang musim ini menyusul rumor keretakan hubungannya dengan Mourinho.

  1. Juan Sebastian Veron – Gelandang Tengah

Masih berhubungan dengan pemain yang pernah bermain untuk Man United. Juan Sebastian Veron datang 15 tahun lebih awal dibanding Pogba dan dibeli seharga 24,4 juta poundsterling dari Lazio. Veron sedianya menyandang status pemain flop di United karena banyak alasan.

Namun, harganya tetap tergolong tinggi saat ini, yakni mencapai nominal 115,9 juta poundsterling. Di masa jayanya, Veron merupakan pemain yang dapat bermain di banyak posisi di lini tengah: gelandang jangkar (bertahan), tengah, dan playmaker di belakang striker tunggal.

  1. Michael Essien – Gelandang Tengah

Pada masa keemasannya, Michael Essien merupakan ‘monster’ di lini tengah karena permainannya yang sangat enerjik dan dapat diandalkan tim dalam fase bertahan maupun menyerang. Chelsea membelinya dari Olympique Lyonnais pada 2005 seharga 24,4 juta poundsterling.

Saat ini, gelandang asal Ghana yang pernah membela Persib Bandung memiliki harga transfer 115,5 juta poundsterling jika Chelsea kembali melakukan hal yang sama 13 tahun lalu dari Lyon. Inflasi harganya benar-benar meningkat.

  1. Robinho – Penyerang Sayap Kiri

Bagian revolusi Manchester City di era konsorsium asal Timur Tengah, Abu Dhabi United Group. Robinho diboyong seharga 32,5 juta poundsterling dari Real Madrid pada 1 September 2008. Robinho tidak tergolong pemain yang sukses di Man City dan pada 2010 ia dipinjamkan ke Santos, sebelum dijual permanen ke AC Milan.

Saat ini, biaya transfer Robinho dari Madrid ke Man City bisa mencapai nominal 91,2 juta poundsterling. Layak atau tidaknya dia dihargai tersebut, jika melihat performanya dengan Man City, itu relatif dengan penilaian publik.

  1. Andriy Shevchenko – Penyerang Sentral

Transfer termahal Premier League jika menggunakan barometer harga pemain saat ini. Ketika dibeli dari AC Milan ke Chelsea pada 2006 seharga 30,8 juta poundsterling, Andriy Shevchenko berstatus striker terbaik Eropa yang berasal dari Ukraina dengan kesuksesan besarnya selama tujuh tahun membela Rossoneri.

Harga transfer itu, jika terjadi sekarang akan berada di kisaran 144,4 juta poundsterling. Harga yang setimpal dengan kelas premium dari permainan yang ditawarkan produk akademi Dynamo Kyiv.

 

  1. Angel Di Maria – Penyerang Sayap Kanan

Semusim dengan Man United, Angel Di Maria langsung pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) di awal musim 2015/16 karena tidak cocok dengan metode kepelatihan Louis van Gaal. Ini sangat disayangkan, karena Man United membelinya mahal dari Madrid sebesar 59,7 juta poundsterling.

Saat ini harga transfer itu menjadi 99,8 juta poundsterling. Jika situasi itu terjadi, lalu di musim berikutnya Man United menjualnya lebih murah ke PSG, jelas fans akan marah dan kecewa karena tahu klubnya membuang-buang uang atau justru menyalahkan Van Gaal karena tidak bisa memaksimalkan potensi yang dimilikinya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?